Kamis, 22 Januari 2009

Hamas Sambut Baik Seruan Dialog Atas Dasar Kejujuran dan Keikhlasan


Gaza – Infopalestina: Gerakan Perlawanan Islam Hamas menyambut baik ajakan dialog yang diserukan belakangan. Hamas menegaskan pentingnya seruan ini didasarkan pada kejujuran dan keikhlasan serta keyakinan kemestian dan pentingnya penghormatan dan penerimaan orang lain sebagai partner utama dalam perimbangan Palestina.

Jarubicara Hamas Fauzi Barhum mengatakan, “Kekuatan hakiki mestinya bisa mewujudkan persatuan dan menghadapi tanangan, bukan melakukan konspirasi dan menghabisi pihak lain. Legalitas dari dari rakyat dan penghormatan pada hukum serta melalui kotak-kotak suara. Apapun dialog Palestina yang ingin dicatat keberhasilannya harus terpenuhi segena suasana yang kondusif dan segenap kebutuhannya secara nyata.”

Barhum mengatakan, Rabu (21/01), “Dilog bukanlah slogan, seruan dan statemen. Kemaslahan nasional tidak datang dengan melempar kebencian ke pihak lain. Kapan kondisi membaik, perang berakhir, blockade dibebaskan, pelintasan dibuka, penjajah hengkang dari Gaza dan suasana disiapkan penuh maka kami semua akan siap duduk menunggu mereka di meja dialog.”

Dia menyampaikan penghargaannya yang tinggi pada sikap yang terpuji dan berani dalam KTT Qatar, di mana Hamas menyampaikan kalimat rakyat Palestina dan kalimat perlawanan dan mengungkapkan secara jujur apa yang terjadi di Jalur Gaza dan Palestina.

Dia juga menghargai peran Qatar dan Saudi dalam memberikan dukungan dan dana untuk membangun kembali Jalur Gaza. Dia berharap dana ini sampai lebih cepat kepada mereka yang berhak dan melalui jalur yang benar di Jalur Gaza. (seto)

Tidak ada komentar: