Kamis, 22 Januari 2009

Aparat Abbas Tingkatkan Operasi Terhadap Hamas di Tepi Barat


Ramallah – Infopalestina: Meski banyak seruan mengajak untuk dilakukan islah Palestina, aparat keamanan Abbas di Tepi Barat terus meningkatkan operasinya terhadap gerakan Hamas. Gerakan Hamas menyayangkan tindakan aparat Abbas tesebut, apalagi itu terjadi saat agresi Zionis Israel ke Jalur Gaza sedang berlangsung.

Anggota Pimpinan Politik Hamas, Ra’fat Nashif, dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Rabu (21/01), sebagaimana dikutip koresponen Infopalestina, menjelaskan bahwa sepanjang perang berlangsung penangkapan politik dan interogasi terhadap pendukung gerakan Hamas dan kadernya oleh aparat Abbas di Tepi Barat terus terjadi. Ditambah tindakan represif yang disaksikan dunia melalui televisi terhadap aktivitas solidaritas kepada Jalur Gaza dan menolak agresi Israel ke sana.

Petinggi Hamas ini menambahkan, “Yang menyayat hati adalah bahwa setelah penjajah Zionis Israel mengumumkan kekalahannya dalam perang yang dimenangkan rakyat Palestina ini, dan setelah muncul harapan bahwa kemenangan ini akan diiringi dengan islah nasional Palestina bersamaan dengan upaya Arab terakhir dalam KTT Doha dan Kuwait untuk merealisasikan islah Palestina ini, justru aparat keamanan Abbas di Tepi Barat terus memburu pendukung dan kader gerakan Hamas dengan menangkapi mereka. Alih-alih membebaskan tahanan politik dari penjara aparat keamanan di Tepi Barat yang sebagiannya mengalami penyiksaan, aksi mereka terhadap gerakan Hamas justru meningkat.”

Nashif mengatakan, “Kami gerakan Hamas menegaskan bahwa perilaku yang ditunjukan aparat keamanan Abbas ini menimbulkan keraguan sejauh mana kesungguhan seruan Abu Mazen dan orang-orang disekitarnya mengenai persatuan nasional dan pengakhiri perpecahan internal.”

Hamas menyerukan Arab dan sekjen Liga Arab untuk bertindak mengakhiri dan menghentikan operasi yang terus dilakukan aparat keamanan Abbas dan menyerukan penghentiannya. Hamas menegaskan agar tidak dihentikan upaya-upaya Arab untuk mendukung islah dan menyediakan supervisor Arab secara berjamaah untuk dialog Palestina, serta menyediakan kondisi bagi kesuksesannya dengan menghentikan operasi terhadap Hamas di Tepi Barat. (seto)

Tidak ada komentar: