Rabu, 21 Januari 2009

Analis Israel: Agresi Gaza Tingkatkan Popularitas Hamas


Jerusalem – Infopalestina: Seorang penulis dan analis politik Israel menilai agresi yang dilancarkan militer Israel ke Jalur Gaza selama 3 pekan yang lalu itu telah meningkatkan popularitas gerakan Hamas dan memperkecil oposisi terhadapnya di Jalur Gaza.

Rony Shakid, penulis di harian Israel Yedeot Aharonot, mengatakan meskipun kerugian jiwa dialami orang-orang Palestina dan gerakan Hamas, namun gerakan ini bertambah kuat. Dia menegaskan bahwa berton-ton rudal yang dimuntahkan ke Jalur Gaza “membuat Hamas bertambah semangat”.

Shakid menilai agresi ke Jalur Gaza menimbulkan solidaritas internasional pada Hamas dan kebencian internasional pada pemerintah Israel dan menuduhnya sebagai penjahat, melakukan perang pemusnahan warga sipil, melakukan aksi-aksi terorisme. Berbeda yang apa yang diteriakkan kepada media internasional bahwa Israel berupaya membasmi terorisme.”

Analis Israel ini mengingatkan bahwa agresi ke Jalur Gaza telah memberikan kekutan cukup kepada gerakan Hamas untuk lebih menentukan syarat-syarat. Bahkan kepada para sekutu Tel Aviv di kawasan.

Shakid melihat, “Negara-negara Arab akan terpaksa sekarang ini untuk memperlakukan gerakan Hamas sebagai kekuatan yang ril. Bukan sebagai gerakan yang terbuang. Hal ini akan membuat negative hubungan Negara-negara Arab dengan Tel Aviv, khususnya Negara-negara Arab yang memiliki hubungan baru dengan Tel Aviv.

Penulis Israel ini melihat bahwa agresi Israel ke Jalur Gaza tidak lebih dari sekandal baru yang dilakukan sebagian politikus Israel yang tidak memiliki pengalaman politik apapun. (seto)

Tidak ada komentar: