Kamis, 22 Januari 2009

Departemen Pekerjaan Perkirakan Biaya Rekonstruksi 2 Miyar Dolar Lebih


Gaza – Infopalestina: Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Pemerintah Palestina di Jalur Gaza memperkirakan anggaran dana untuk membangun kembali Jalur Gaza setelah agresi Zionis Israel mencapai 2 milyar 215 juta dolar USD. Menurutnya, semua upaya yang dicurahkan baik tingkat regional maupun internasional tidak akan terealisasi kecuali dengan membuka pelintasan dan koordinasi dengan pemerintah. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Palestina Dr. Yusuf Mansi dalam konferensi pers di Gaza, Rabu (21/01) mengatakan, “Jumlah dana tersebut yang diperkirakan departemen adalah hitungan awal yang separohnya untuk kerusakan. Mencakup pembangunan kembali seluruh sektor ditambah bantuan dan penampungan segera untuk warga.”

Dia menjelaskan 5 ribu keluarga dihancurkan rumah mereka dan kehilangan seluruh perabotannya. Mereka membutuhkan tempat bernaung alternative. Kebutuhan standar satu keluarga selama satu tahun mencapai 10 ribu dolar.

Yusuf menambahkan, “Jumlah keluarga yang dihancurkan rumahnya sebagian atau hampir keseluruhan dan tidak layak untuk ditempati dengan memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagiannya mencapai 6 ribu rumah. Dan yang dibutuhkan untuk setiap rumah mencapai 5 ribu dolar. Sementara itu jumlah rumah yang rusak dan bisa direnovasi sebanyak 10 ribu rumah dan setiap rumah membuntuhkan dana sebesar 3 ribu dolar setiap tahunnya.

Dr. Yusuf menyebutkan global rumah penduduk yang dihancurkan secara total dan tidak layak untuk dihuni mencapai 20 ribu unit rumah dan membutuhkan dana 250 juta dolar untuk membangunnya kembali.

Dia menjelaskan gedung pemerintah, yayasan dan gelanggang yang dihancurkan membutuhkan dana 8 juta dolar untuk membangunnya kembali dan siap untuk dipakai. Sementara jumlah anggaran untuk membangun kembali bandara dan pelabuhan Gaza mencapai 10 juta dolar.

Sedangkan sekolah, kampus dan taman kanak-kanak yang dihancurkan selama agresi Zionis Israel ke Jalur Gaza membutuhkan dana 40 juta dolar. Ditambah 55 juta dolar sebagai anggaran pembangunan kembali pabrik, bengkel, mobil dan pelayanan sipil.

Jaringan infrastruktur air, listrik, jembatan dan jaringan penyebarannya membutuhkan dana 55 juta dolar untuk membangunnya kembali. Ditambah 40 juta dolar total anggaran yang diperkirakan untuk membangun kembali sumur-sumur pertanian, peternakan dan pabriknya. (seto)

Tidak ada komentar: